7 pertanyaan saat wawancara kerja

Posted on

7 pertanyaan saat wawancara kerja – Salah satu faktor dalam sebuah interview atau wawancara pekerjaan adalah kemampuan anda dalam menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh perusahaan. Pertanyaan yang diajukan pun beragam jenisnya dan terkadang mengandung jebakan yang membuat anda menjawab dengan kurang baik sehingga terkadang anda menjadi grogi atau tidak menjadi diri anda sendiri.

7 pertanyaan saat wawancara kerja

 

Bagi yang sering menghadapi interview atau wawancara kerja pasti mengetahui pertanyaan-pertanyaan yang sering diberikan perusahaan yang pertanyaan sama ataupun mirip. Berikut kami berikan 7 pertanyaan saat wawancara kerja yang sering menjebak beserta jawaban yang baiknya diberikan :

 

1. Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan ini?

Maksud dari pertanyaan ini adalah untuk menilai seberapa besar keinginan anda untuk bekerja di perusahaan tersebut. Dengan mengetahui profil penting perusahaan tersebut maka anda akan mendapatkan nilai plus dari perusahaan.

2. Mengapa Anda meninggalkan pekerjaan sebelumnya?

Pertanyaan ini bermaksud untuk mengorek alasan anda berhenti di pekerjaan yang lama. Jawablah dengan baik dan berikan alasan yang masuk akal sehingga perusahaan tidak menganggap anda tidak berkomitmen terhadap sebuah pekerjaan.

3. Bagaimana hubungan Anda dengan atasan Anda sebelumnya

Pertanyaan untuk mengetahui kualitas kerja anda.  Jawablah dengan jujur hubungan anda dengan bos anda serta kelebihan dan kekurangan atasan anda yang sebelumnya karena jawaban yang rasional akan menjadi nilai tambah dibandingkan dengan jawaban yang dibuat-buat.

 

4. Mengapa anda melamar di perusahaan ini?

Mirip seperti pada nomer satu, sampaikan hal postif mengenai alasan anda untuk bekerja diperusahaan tersebut. Gunakanlah kemampuan anda untuk mencari alasan positif dari perusahaan tersebut dengan mencari informasi di situs resminya.

 

5. Apa yang paling membanggakan dalam karier Anda?

Salah satu pertanyaan untuk mengetahui kualitas pekerjaan anda. Jawablah dengan mengatakan prestasi anda dibidang yang anda ajukan lamarannya. Misalnya anda merasa bangga ketika menjadi staff terbaik bulan lalu atau ketika pekerjaan anda jauh melampaui target.

 

6. Berapa lama Anda bisa memberikan kontribusi bagi perusahaan ini

Pertanyaan yang lagi-lagi bertujuan mengetahui kualitas anda. Jawablah dengan baik tanpa menggunakan angka sebagai acuan misalnya seminggu, sebulan, atau setahun tetapi menggunakan pendekatan jawaban yang diplomatis misalnya akan memberikan kemampuan mulai dari hari pertama bekerja.

7. Berapa gaji yang Anda minta?

Pertanyaan ini salah satu yang paling sulit dalam melakukan interview kerja karena jika salah memberikan jumlah nominal maka akan membuat perusahaan kehilangan daya tarik kepada anda. Cara menjawab pertanyaan seperti ini dibutuhkan jawaban yang diplomatis seperti ingin mengetahui job description terlebih dahulu atau bertanya rentang gaji yang didapat diposisi itu dan setelahnya bisa dilakukan negosiasi sesuai dengan keinginan anda.

Berikut beberapa hal atau tips interview kerja yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan dalam menghadapi interview atau wawancara kerja. Setelah membaca artikel ini ada baiknya anda juga membaca tips interview kerja. Semoga dengan tips interview kerja ini maka akan memudakan para pencari kerja untuk diterima kerja. Terima Kasih.