Cara Membuat CV Lamaran Kerja

Posted on

Cara Membuat CV Lamaran Kerja РCV atau Curriculum Vitae adalah salah satu faktor terpenting dalam melamar sebuah pekerjaan selain surat lamaran kerja. CV merupakan hal pertama yang dilihat oleh pencari kerja karena dengan CV lah pencari kerja yang biasanya bagian HRD atau personalia memilah dan memilih seorang pelamar kerja apakah sesuai dengan yang mereka cari.

 

Cara Membuat CV Lamaran Kerja

 

Berikut adalah beberapa tips Cara Membuat CV Lamaran Kerja yang menarik dan diterima untuk interview.

 

1. Singkat dan Padat

Dalam membuat CV alangkah baiknya jika isi dari CV itu disingkat dengan tidak megurangi isi atau informasi yang detail tentang data-data saudara. Jangan berpatokan pada jumlah halaman CV karena itu malah membuat pencari kerja malas membaca semua kalimat saudara karena kita harus maklumi juga bahwa bagian yang menyeleksi yaitu bagian personalia atau manajer posisi yang bersangkutan pastinya menerima banyak sekali lamaran pekerjaan.

 

2. Gunakan Pas Foto

Banyak yang menggunakan foto selfie atau bahkan foto liburan dalam CV atau lampiran surat lamaran kerjanya. Apakah salah? Tidak, tapi alangkah baiknya menggunakan pas foto karena selain terlihat lebih sopan tentunya semakin terkesan sebagai seorang professional.

 

3. Data Akurat dan Aktual

Isilah data dengan akurat tanpa ada kesalahan penulisan dalam informasi yang tertuang dalam CV baik itu data diri maupun data lainnya karena semuanya adalah penting. Tentunya saudara tidak mau kan karena kesalahan menulis nomer telepon saudara jadi gagal dalam mendapatkan kesempatan interview? Begitu juga dengan data yang harus up to date atau data terbaru agar tidak terjadi kesalahan dan terlihat tidak serius dan tidak professional.

 

4. Buat Checklist Kecocokan Syarat Utama

Setiap iklan lowongan kerja pastilah mencantumkan syarat dan skill pelamar yang mereka perlukan. Buatlah sebuah checklist dan pastikan anda memenuhi syarat dalam semua persyaratan basic dan skill yang mereka perlukan. Jika ada beberapa syarat yang tidak bisa saudara penuhi misalnya skill yang belum dikuasai pastikan memberikan keterangan dengan alasan yang masuk akal. Checklist tersebut bisa saudara tulis didalam CV. Bagian ini biasanya berisi umur, tingkat pendidikan, pengalaman, dan skill yang diperlukan perusahaan.

 

5. Buat Checklist Mengapa Mempekerjakan Anda

Checklist disini bisa berupa sebuah paragraph penjabaran atau hanya sebuah checklist sederhana yang berisikan alasan-alasan pencari kerja harus menerima anda didalam perusahaannya. Isi dalam bagian ini bisa keahlian lain diluar skill yang mereka butuhkan yang masih ada hubungannya dengan posisi yang saudara lamar. Misalnya saudara melamar pekerjaan di bagian front office sebuah hotel dengan persyaratan mahir berbahasa inggris. Nah, jika saudara bisa berbahasa lain semisal Bahasa jepang maka tulislah kemampuan berbahasa jepang anda pada checklist atau halaman ini. Ini akan menambah ketertarikan perusahaan untuk mempekerjakan saudara. Skill lain diluar bidang yang dicari juga harus dicantumkan walaupun tidak berpengaruh secara signifikan namun tetap memberikan point plus pelamar kerja. Contohnya adalah kemampuan berorganisasi, bermain alat musik, atau kemampuan menjadi master of ceremony atau MC.

 

6. Referensi

Jika anda direkomendasikan oleh seseorang maka isilah sebuah point yang menjelaskan bahwa anda direferensikan oleh seseorang yang tentunya menambah kemungkinan diterimanya saudara.

 

 

Begitulah tips yang jobfairbali.com berikan untuk membantu saudara dalam membuat CV agar peluang dipilihnya anda melaksanakan interview bisa menjadi lebih besar. Selain dengan CV yang benar tentunya kesesuaian keinginan penerima kerja adalah yang utama namun menyempurnakan CV tentu menambah kemungkinan diterimanya pelamar kerja. Terima Kasih.