8 Peluang Bisnis Pertanian yang Menjanjikan di Tahun 2018

Posted on

Peluang Bisnis Pertanian – Bisnis pertanian merupakan bisnis yang sangat dibutuhkan oleh umat manusia. Hidup manusia selama nya akan tetap bergantung pada bisnis ini, sehingga potensi nya akan tetap menjanjikan selama masih ada manusia yang hidup di muka bumi ini.

Tanpa komputer, manusia masih tetap bisa hidup dengan baik. Bahkan, tanpa pakaian sekali pun, manusia masih tetap bisa bertahan hidup. Namun tanpa makanan, manusia sudah pasti tidak akan bisa hidup. Dan untuk memenuhi kebutuhan makanan mereka, manusia membutuhkan petani.

Sayang nya, seiring dengan perkembangan zaman, jumlah anak muda yang mau terjun ke bisnis pertanian semakin mengalami penurunan. Ya meski pun jika dilihat sekilas hal ini merupakan sebuah kelemahan, namun jika dilihat dengan jeli, hal ini sejati nya merupakan peluang yang amat besar.

Dengan jumlah pelaku usaha pertanian yang semakin sedikit, potensi Anda untuk bisa mendulang keuntungan di bisnis ini akan menjadi semakin besar.

 

Peluang Bisnis Pertanian

 

Beberapa Peluang Bisnis Pertanian yang Potensial di Tahun – Tahun Mendatang

Jika Anda tertarik untuk menjalankan bisnis di bidang pertanian, berikut merupakan beberapa peluang bisnis pertanian yang potensial untuk dijalankan di tahun – tahun mendatang:

 

  1. Pertanian Organik

Belakangan ini, trend mengonsumsi makanan organik di kalangan masyarakat Indonesiamulai mengalami peningkatan. Hal ini mereka lakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Untuk Anda yang belum tahu, pertanian organik merupakan aktivitas pertanian yang dijalankan tanpa mengandalkan bahan – bahan kimia sama sekali. Tanaman organik tidak dipupuk dengan pupuk kimia dan tidak disemprot dengan pestisida kimia.Karena hal itu, hasil pertanian organik dipercaya cenderung lebih sehat untuk dikonsumsi.

Jika dikaji dari besaran biaya, tanaman organik normal nya akan menelan biaya yang lebih sedikit dibandingkan dengan tanaman non organik yang mengandalkan pupuk dan pestisida kimia.

Padahal, dari sudut pandang harga jual, tanaman organik memiliki harga jual yang jauh lebih tinggi. Konon, harga jual tanaman hasil pertanian organik bisa dua kali lipat lebih mahal dari harga jual tanaman hasil pertanian non organik.

 

  1. Pertanian Hidroponik

Peluang bisnis pertanian yang menjanjikan di tahun 2018 selanjutnya adalah usaha pertanian hidroponik.

Penting untuk diketahui, tanaman hidroponik tidak selama nya tergolong ke dalam tanaman organik. Dalam praktek nya, ada banyak sekali pelaku sistem pertanian hidroponik yang menggunakan pupuk dan pestisida kimia.

Namun begitu, jika dibandingkan dengan hasil tanaman konvensional di tanah, hasil tanaman organik biasa nya cenderung memiliki kualitas yang lebih tinggi.

Jika dilihat dari sudut pandang biaya, dalam jangka panjang, besaran biaya yang diperlukan untuk menjalankan sistem pertanian hidroponik tergolong cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan biaya untuk menjalankan sistem pertanian konvensional.

Ketika Anda bercocok tanam dengan menggunakan sistem hidroponik, maka Anda tidak melulu harus menyediakan lahan yang luas. Bahkan jika Anda mau, Anda bisa melakukan aktivitas budidaya tanaman hidroponik di atas loteng gedung rumah Anda.

Untuk urusan harga jual, tanaman hidroponik cenderung memiliki harga jual yang lebih tinggi dari tanaman konvensional.

 

  1. Budidaya Bunga Hias

Peluang bisnis pertanian selanjutnya yang juga sangat menjanjikan di tahun – tahun mendatang adalah usaha budidaya bunga hias.

Permintaan komoditi bunga hias belakangan ini terus mengalami peningkatan. Meski pun bunga hias tidak tergolong ke dalam komoditi kebutuhan pokok, namun permintaan nya relatif stabil dan harga jual nya pun tergolong cukup tinggi.

Jika Anda berminat, Anda dapat membudidayakan beberapa komoditi bunga hias andalan, seperti: bunga krisan, bunga mawar, bunga anggrek, dll.

 

  1. Budidaya Komoditas Jahe

Peluang bisnis pertanian berikutnya yang juga sangat potensial yang dijalankan di tahun 2018 adalah usaha budidaya komoditas Jahe.

Jahe merupakan salah satu varian tanaman obat yang banyak dimanfaatkan untuk membuat ramuan obat tradisional dan jamu – jamuan. Angka permintaan komoditi jahe tergolong cukup stabil (baik itu untuk pasar domestik mau pun untuk pasar ekspor).

Untuk urusan harga jual, komoditi jahe memiliki harga jual cukup stabil di angka yang cukup tinggi. Saat ini, rata – rata harga komoditi jahe per kg berada di kisaran 7 – 35 ribu rupiah, bergantung pada jenis, kualitas dan wilayah.

 

  1. Budidaya Padi

Meski pun terlihat sepele, usaha budidaya padi juga tergolong ke dalam salah satu peluang bisnis pertanian yang sangat menjanjikan.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, padi merupakan komoditi kebutuhan pokok masyarakat Indonesia. Sampai saat ini kebutuhan komoditi padi / beras di Indonesia masih belum bisa dipenuhi dari dalam negeri. Arti nya masih ada gap yang bisa Anda masuki untuk mendapatkan keuntungan.

 

  1. Budidaya Vanili

Peluang bisnis pertanian yang potensial berikutnya adalah usaha budidaya vanili.

Komoditi vanili belakangan ini tengah mengalami peningkatan harga jual yang sangat luar biasa. Saat ini harga jual vanili berada di angka 100 – 300 ribu rupiah per kg. Harga jual ini berlaku baik untuk pasar domestik mau pun untuk pasar ekspor ke luar negeri.

Dengan harga jual setinggi itu, tentu nya akan jauh lebih mudah bagi Anda untuk mengumpulkan pundi – pundi keuntungan.

Jika Anda berminat untuk terjun ke budidaya vanili, selain menjual vanili dalam bentuk komoditas siap olah / siap konsumsi, Anda juga bisa menjual bibit vanili siap tanam.Dengan begitu, angka pemasukan yang bisa Anda dapatkan nanti nya akan semakin besar.

 

  1. Budidaya Merica

Sama seperti hal nya vanili, usaha budidaya merica juga bisa digolongkan menjadi peluang bisnis pertanian ekspor yang sangat menjanjikan.

Menurut sumber referensi yang kami baca, sampai saat ini permintaan komoditi merica untuk pasar ekspor masih belum terpenuhi. Padahal, jika dilihat dari harga jual nya, komoditi ini tergolong memiliki harga jual yang cukup tinggi, yaitu berada di rentang 30 – 70 ribu rupiah, bergantung pada kualitas dan ukuran nya.

Satu hal yang harus Anda ingat, jika Anda ingin memasuki pasar ekspor, maka Anda harus memastikan bahwa komoditi merica yang Anda jual merupakan merica dengan kualitas terbaik.

 

  1. Budidaya Komoditi Cabe

Peluang bisnis pertanian terakhir yang juga sangat potensial untuk dijalankan di tahun 2018 adalah usaha budidaya cabe.

Cabe merupakan salah satu komoditi pertanian yang paling sering mengalami fluktuasi harga jual. Di waktu – waktu spesial seperti tahun baru dan hari raya keagamaan, harga cabe dapat melonjak hingga beberapa kali lipat dari harga normal.

Nah, jika Anda berminat, Anda dapat menerapkan sistem pola tanam yang baik sehingga cabe yang Anda tanam bisa panen di waktu – waktu tersebut di atas. Dengan begitu, harapan nya Anda akan bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

Itu lah beberapa peluang bisnis pertanian yang potensial untuk dijalankan di tahun 2018 dan tahun – tahun mendatang. Selamat bertani dan semoga sukses ya!