Peluang Usaha Budidaya Perikanan yang Menjanjikan Keuntungan Melimpah

Posted on

Peluang Usaha Budidaya Perikanan – Indonesia merupakan negara yang sangat pas untuk dijadikan sebagai sentra perikanan dunia. Hal ini dikarenakan Indonesia memiliki wilayah perairan yang lebih luas dari wilayah daratan. Tak heran, karena luas wilayah perairan ini, Indonesia sering kali dijuluki sebagai negara maritim / negara kelautan.

Saat ini, Indonesia telah berhasil menjadi salah satu negara pengekspor hasil laut terbesar di dunia.Jika Anda tertarik untuk menekuni bisnis di sektor perikanan budidaya, saat ini merupakan saat yang sangat tepat. Hal ini dikarenakan, angka permintaan komoditi perikanan dari luar negeri tergolong masih sangat besar.Selain itu, beberapa kebijakan yang dibuat oleh pemerintahan Presiden Jokowi juga sangat memihak pada para pelaku bisnis perikanan.

 

Peluang Usaha Budidaya Perikanan

 

Beberapa Peluang Usaha Budidaya Perikanan dengan Modal Kecil yang Potensial

Bagi Anda yang memiliki niat untuk terjun ke dunia bisnis perikanan, berikut merupakan beberapa peluang usaha budidaya perikanan yang potensial untuk Anda jalankan:

 

  1. Budidaya Ikan Arwana

Ikan Arwana merupakan salah satu komoditi ikan hias air tawar dengan nilai jual yang sangat tinggi. Satu ekor ikan arwana dewasa yang berukuran besar bisa dihargai hingga puluhan juta rupiah.

Tidak hanya itu, angka permintaan akan ikan hias arwana (baik untuk pasar domestik mau pun untuk pasar ekspor) juga tergolong cukup tinggi.

Saat ini, ada dua varietas ikan Arwana yang bisa dibudidayakan di Indonesia. Ke dua varietas tersebut adalah ikan arwana merah dan ikan arwana putih.

Dari dua varietas tersebut, varietas ikan arwana merah cenderung lebih banyak diminati. Selain itu, harga jual nya pun juga cenderung jauh lebih tinggi.

Dalam bisnis budidaya ikan Arwana, ada beberapa jenis bisnis yang bisa Anda jalan kan, yaitu pembibitan, pendederan, dan pembesaran. Semua jenis bisnis tersebut menawarkan tingkat kesulitan yang berbeda – beda dengan potensi keuntungan yang juga berbeda – beda.

 

  1. Budidaya Sidat

Usaha budidaya sidat juga termasuk ke dalam salah satu peluang usaha budidaya perikanan yang potensial untuk dijalankan.

Menurut sumber informasi yang kami baca, saat ini permintaan komoditi sidat untuk pasar ekspor masih belum bisa terpenuhi. Padahal harga jual komoditi pertanian langka ini terbilang luar biasa mahal.

Nah, jika Anda tertarik, Anda bisa terjun ke bisnis budidaya sidat, baik itu untuk aktivitas pembibitan, pendederan, mau pun pembesaran.

 

  1. Budidaya Udang Lobster

Peluang usaha budidaya perikanan yang selanjutnya adalah usaha budidaya udang lobster.

Sama seperti dua komoditi perikanan yang sebelumnya, udang lobster juga termasuk ke dalam komoditi ekspor andalan Indonesia. Harga jual udang lobster tergolong sangat tinggi, dan angka permintaan nya pun (baik dari pasar dalam negeri mau pun dari pasar luar negeri) juga tergolong cukup stabil.

Bahkan, menurut sumber informasi yang kami baca, saat ini angka permintaan akan komoditi udang lobster cenderung mengalami peningkatan. Hal ini terjadi setelah menteri perikanan Indonesia membuat kebijakan larang ekspor benur udang lobster ke luar negeri.

 

  1. Budidaya Ikan Diskus

Usaha budidaya ikan diskus juga bisa digolongkan ke dalam peluang usaha budidaya perikanan yang menjanjikan keuntungan melimpah.

Saat ini komoditi ikan hias diskus merupakan salah satu komoditi ikan hias ciklid dengan angka permintaan terbesar di Indonesia. Peminat ikan hias ini cenderung didominasi dari dalam negeri.

Saat ini kisaran harga ikan diskus yang sudah jadi berada di angka ratusan ribu rupiah (bergantung pada ukuran, bentuk, dan keindahan warna nya).

 

  1. Budidaya Ikan Mas Koi

Peluang usaha budidaya perikanan yang potensial selanjutnya adalah usaha budidaya ikan mas koi.

Ikan mas koi merupakan salah satu komoditi ikan hias dengan angka permintaan tertinggi di dunia. Peminat ikan hias ini mayoritas nya berasal dari negara – negara maju yang ada di Asia, seperti Jepang, China, dan Korea.

Selain memiliki angka permintaan yang sangat tinggi, harga jual ikan mas Koi untuk pasar ekspor juga tergolong cukup tinggi.

Jika anda tertarik, ada tiga lini bisnis budidaya ikan mas koi yang bisa Anda tekuni, yaitu lini pembibitan, pendederan, dan pembesaran. Dari ke tiga lini bisnis tersebut, lini bisnis pembesaran cenderung menjanjikan potensi keuntungan yang jauh lebih besar.

Namun begitu, resiko yang mungkin muncul pun juga lebih besar, dan biaya yang dibutuhkan untuk menjalan usaha pembesaran punjuga cenderung lebih besar ketimbang biaya untuk aktivitas bisnis pembibitan dan pendederan.

 

  1. Budidaya Ikan Cupang

Meski pun terlihat sepele, usaha budidaya ikan cupang juga tergolong ke dalam peluang usaha budidaya perikanan yang menjanjikan keuntungan melimpah.

Saat ini ikan hias berukuran mini yang satu ini telah menjadi salah satu ikan hias paling populer di kalangan para pecinta ikan hias tanah air. Konon, meski pun ukuran nya kecil, namun harga jual ikan hias cupang ini bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Padahal, jika dilihat dari proses budidaya nya, aktivitas budidaya ikan hias ini tergolong tidak begitu rumit. Selain itu modal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha ini pun tergolong tidak terlalu besar.

 

  1. Budidaya Lele

Peluang usaha budidaya perikanan yang potensial selanjutnya adalah usaha budidaya ikan lele.

Ikan lele merupakan salah satu komoditi perikanan air tawar konsumsi dengan angka permintaan tertinggi di seluruh penjuru Indonesia. Harga nya yang terjangkau disertai dengan rasa nya yang lezat telah membuat masyarakat lebih memiliki nya (dari ikan konsumsi lain nya) untuk dijadikan sebagai lauk pauk.

Angka permintaan komoditi ikan lele tergolong cukup stabil di angka yang sangat tinggi. Meski pun jika dilihat dari sudut pandang harga jual ikan ini tergolong murah, namun dengan angka permintaan nya yang tinggi, potensi keuntungan yang bisa didapatkan tetap tergolong cukup besar.

Selain itu, proses budidaya nya pun tergolong cukup mudah dan murah. Bahkan di daerah – daerah tertentu, banyak pembudidaya ikan lele yang memanfaatkan drum sebagai wadah untuk budidaya.

 

  1. Budidaya Sektor Pendukung

Selain budidaya komoditi perikanan secara langsung, budidaya komoditi sektor pendukung perikanan juga bisa digolongkan ke dalam peluang usaha budidaya perikanan yang sangat menjanjikan.

Ada banyak aktivitas budidaya sektor pendukung yang bisa Anda jadikan sebagai peluang bisnis. Beberapa di antara nya adalah: budidaya daphnia, budidaya cacing sutera, budidaya cacing tanah, dsb.

Meski pun terlihat sepele, namun penghasilan yang bisa didapatkan dari komoditi tersebut tergolong cukup besar. Saat ini harga satu liter cacing sutera rambut yang dipakai sebagai pakan alami untuk ikan anakan berada di kisaran 50 sampai dengan 200 ribu rupiah. Angka yang cukup besar bukan?

Itu lah beberapa peluang usaha budidaya perikanan yang menjanjikan keuntungan melimpah untuk Anda. Penting untuk diingat, usaha budidaya perikanan merupakan usaha yang beresiko tinggi. Maka dari itu, untuk menekan resiko (berupa kematian komoditi yang hendak dibudidayakan), Anda kami anjurkan untuk mempelajari teknik budidaya nya terlebih dahulu.

 

Selamat berbisnis dan semoga untung ya!