8 Peluang Usaha Properti yang Menjanjikan Keuntungan Melimpah

Posted on

Peluang Usaha Properti – Properti merupakan salah satu jenis bisnis yang sangat unik. Bisnis ini menawarkan pola high gain low risk, yaitu menawarkan keuntungan yang sangat besar dengan potensi resiko yang kecil.

Salah satu bukti nyata yang menunjukkan bagus nya potensi bisnis properti adalah hampir semua orang yang masuk ke daftar 20 orang terkaya di Indonesia, semua nya terlibat dalam bisnis ini.

Jika mereka yang sudah benar – benar paham dengan dunia bisnis saja terjun ke bisnis ini, lantas kenapa kita tidak mencontoh nya? Toh, jika dihitung – hitung resiko bisnis ini tergolong sangat kecil, dan potensi keuntungan nya pun tergolong jauh lebih tinggi dari potensi keuntungan yang ditawarkan oleh mayoritas bisnis lain nya.

Nah, bila Anda tertarik untuk terjun ke dunia bisnis properti, berikut merupakan beberapa peluang usaha properti yang bisa Anda coba untuk jalankan:

 

Peluang Usaha Properti
Peluang Usaha Properti

 

Ragam Peluang Usaha Properti yang Menjanjikan Keuntungan Melimpah

  1. Jual Beli Tanah

Tanah merupakan produk properti yang sangat unik. Permintaan akan tanah (lahan) ke depan nya akan terus mengalami peningkatan seiring dengan pertambahan jumlah penduduk. Padahal, di lain sisi, jumlah tanah (lahan) yang ada di dunia, “nyaris” tidak mengalami pertambahan sama sekali.

Itu lah mengapa harga tanah terus mengalami peningkatan setiap tahun nya. Dengan ketersediaan yang semakin sedikit dan jumlah permintaan yang semakin membludak, maka secara otomatis harga tanah pun akhirnya akan terus mengalami peningkatan.

Jika saat ini Anda memiliki cukup banyak uang, membelanjakan nya untuk membeli tanah merupakan keputusan investasi yang sangat bijak.

 

  1. Jual Beli Bangunan Rumah / Ruko / Kantor / Apartemen

Peluang usaha properti yang ke dua adalah bisnis jual beli bangunan rumah dan bangunan – bangunan lain nya.

Dibandingkan dengan lahan kosong, lahan yang memiliki bangunan normal nya akan memiliki nilai jual lebih tinggi. Namun begitu, tidak seperti lahan kosong yang cenderung tidak berpotensi mengalami kerusakan, bangunan cenderung sangat berpotensi mengalami kerusakan.

Maka dari itu, jika Anda hendak terjun ke bisnis properti bangunan (terutama bangunan apartemen / kantor yang tidak memiliki hak milik lahan), Anda sebaiknya tidak menggunakan nya sebagai produk investasi, melainkan hanya sebagai barang dagangan saja.

Hal ini dimaksudkan untuk menurunkan tingkat resiko yang mungkin timbul, seperti kerusakan bangunan karena bencana alam, dll.

 

  1. Bisnis Kost – Kost an

Peluang usaha properti yang satu ini sangat pas untuk dijalankan di daerah sekitar kampus, sekolah dan pabrik.

Sekedar informasi, saat ini rata – rata biaya kost bulanan di kota – kota metropolitan seperti Jakarta dan Surabaya berada di kisaran 600 – 1,5 juta rupiah. Dengan biaya kost setinggi itu, dalam beberapa tahun saja, Anda nanti nya akan bisa mengembalikan biaya pendirian kost – kostan tersebut.

Tidak hanya itu, di sekitar bangunan kost, Anda juga bisa menjalankan beberapa usaha sampingan, seperti foto copy dan jualan alat tulis kantor, usaha warung makan, dll.

 

  1. Bisnis Sewa Apartemen

Peluang usaha properti menjanjikan yang selanjutnya adalah bisnis sewa apartemen.

Peluang bisnis ini sangat pas untuk Anda yang sengaja membeli apartemen untuk dijadikan sebagai alat investasi. Dari pada apartemen Anda harus dianggurkan begitu saja, Anda bisa menyewakan nya pada orang yang membutuhkan.

 

  1. Bisnis Home Stay di Daerah Wisata

Objek wisata menawarkan banyak sekali peluang usaha untuk orang – orang yang ada di sekitarnya, termasuk salah satu nya adalah peluang usaha properti home stay untuk para pengunjung wisata.

Saat ini ada banyak cara yang bisa Anda jalankan untuk menawarkan home stay milik Anda ke para wisatawan. Beberapa opsi tersebut adalah: dengan mendaftarkan homestay Anda di situs – situs agen perhotelan seperti traveloka, pegi – pegi, air BnB, dll, dengan menawarkan nya secara langsung melalui media sosial, dll.

 

     6.Developer Properti

Peluang usaha properti yang satu ini cenderung hanya cocok untuk Anda yang memiliki dana dalam jumlah besar.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, rumah atau tempat tinggal merupakan salah satu dari tiga kebutuhan pokok manusia.

Selama manusia masih hidup di muka bumi ini, maka selama itu pula manusia masih membutuhkan tempat tinggal. Terlebih jumlah umat manusia di muka bumi ini terus mengalami peningkatan.Secara tidak langsung, kebutuhan akan tempat tinggal pun juga turut akan mengalami peningkatan.

Itu lah mengapa peluang usaha pendirian produk – produk properti seperti rumah, apartemen, rumah susun, dll akan terus memiliki prospek yang cerah hingga tahun – tahun mendatang.

Maka dari itu, jika Anda saat ini memiliki dana dalam jumlah besar, akan sangat menguntungkan jika Anda memutar dana Anda di bisnis pendirian produk – produk properti.

 

  1. Perusahaan Pemasaran Properti

Peluang usaha properti yang selanjutnya adalah mendirikan perusahaan pemasaran properti.

Kebanyakan developer properti yang ada saat ini cenderung tidak memasarkan produk – produk properti yang mereka dirikan sendirian. Agar proses pemasaran produk properti mereka bisa berjalan dengan lebih cepat, mereka biasa nya akan menggandeng perusahaan – perusahaan lain sebagai tenaga pemasaran produk properti yang mereka dirikan.

Nah, ini merupakan sebuah peluang usaha properti yang sangat menjanjikan!

Sekedar informasi, rata – rata mark up yang diberlakukan oleh mayoritas perusahaan pemasaran properti berada di kisaran 5 – 20 persen dari nilai jual produk properti yang sebenarnya.

Padahal, jika melihat ketimpangan antara permintaan dan ketersediaan produk properti di pasaran, maka aktivitas pemasaran produk properti sejati nya bukan lah hal yang terlalu sulit.

Terlebih sekarang ini sudah ada jaringan internet yang bisa dimanfaatkan untuk memudahkan proses pemasaran produk – produk properti.

 

  1. Agen Properti

Peluang usaha properti yang berikutnya adalah menjadi seorang agen properti.

Agen properti pada dasar nya hampir sama dengan perusahaan pemasaran properti. Beda nya, jika perusahaan pemasaran properti dijalankan oleh korporasi yang memiliki badan hukum, agen properti cenderung hanya dijalankan oleh perorangan dan tanpa badan hukum sama sekali.

Ada dua opsi yang bisa dilakukan untuk menjadi seorang agen properti. Opsi yang pertama adalah dengan mendaftarkan diri ke perusahaan pemasaran properti. Dalam hal ini, Anda akan bekerja sebagai perpanjangan tangan / bagian dari perusahaan properti.

Keuntungan menjadi bagian dari perusahaan properti adalah Anda tidak perlu repot – repot mencari produk properti sendiri. Disamping itu, beberapa perusahaan properti biasa nya juga turut menyediakan berbagai fasilitas yang dapat memudahkan proses pemasaran para tenaga pemasar nya.

Sayang nya, karena Anda bekerja sebagai bagian dari korporasi, maka secara otomatis, komisi penjualan yang akan Anda dapatkan pun akan bergantung pada perusahaan tempat Anda bekerja (cenderung lebih kecil dari besaran komisi yang bisa didapatkan oleh agen properti mandiri).

Opsi agen properti yang ke dua adalah dengan bekerja sendirian. Kelebihan opsi ini, Anda nanti nya akan bisa mendapatkan komisi yang lebih besar. Namun, di balik itu, Anda harus mau bekerja sedikit lebih keras, baik untuk mencari produk properti yang akan dipasarkan, mau pun untuk melakukan aktivitas pemasaran itu sendiri.

Sekedar info tambahan, saat ini kisaran komisi yang bisa didapatkan oleh seorang agen properti berada di kisaran 1 – 10 persen dari nilai produk yang berhasil dijual nya.

 

Nah, itu lah beberapa peluang usaha properti yang menjanjikan keuntungan melimpah untuk para pelaku nya.

Sekedar informasi tambahan, untuk menarik minat konsumen, terutama yang beragama Islam, Anda dapat menjalankan sistem perdagangan properti syariah. Dengan sistem perdagangan syariah, diharapkan proses perdagangan properti yang Anda jalankan bisa berjalan dengan lebih berkah dan minat konsumen dari kalangan umat Islam pun bisa melonjak dengan drastis.

Selamat berbisnis dan semoga beruntung ya!